Wajah
sumringahku mungkin tidak dapat ditutup-tutupi
setelah membaca suatu berita pada
beberapa media cetak dan internet. Raut wajah
itu semakin menyala ketika melihat pembicaraan tentang berita itu ramai di
dalam forum dan milis. Tambahlah keyakinan kesenangan
ini ketika televisi juga memberikan
porsi tersendiri terhadap berita tersebut.
Penasarankah
kalian tentang berita yang membuat senyum terbuka lebar, wajah berseri-seri, dan pikiran melayang-layang?
Ya, inilah berita itu,
berita yang sudah ditunggu-tunggu sebagian besar warga
Jalur KA Bogor – Sukabumi aktif kembali awal 2009
!!
Dua tahun lalu, tepatnya
bulan Juli 2006, warga Sukabumi mungkin terkejut dengan kebijakan PT KA yang menutup dan menghentikan
pengoperasian jalur KA
Bogor – Sukabumi. Betapa tidak,
jalur yang oleh para railfans disebut
jalur sutera (dahulu) saat itu
mengalami defisit tajam akibat semakin
berkurangnya okupansi kereta penumpang yang melayani trayek tersebut.
Kereta yang melayani rute tersebut
adalah kereta K3 alias kelas 3, sebelum ditutup, trayek itu melayani dua
trip per harinya dari tiap
Tapi
nampaknya sekarang banyak penduduk terutama dari Sukabumi
yang mengeluhkan agar jalur
tersebut diaktifkan kembali, alasan utamanya ialah untuk menghemat waktu dan uang. Betapa tidak, Bogor-Sukabumi dengan bus, harga tiketnya rata-rata
Rp.18.000,00 dengan waktu tempuh rata-rata 4 jam dikarenakan jalur ini sering dilanda
macet walaupun tidak banjir (apaan
sih??). Namun, dengan kereta ini,
Bogor-Sukabumi paling lama 2 jam dengan
harga tiket diperkirakan paling besar
Rp.5.000,00 (sebelumnya Rp.2.500,00).
Para pedagang dari Sukabumi
bisa lebih leluasa dalam memasarkan
dagangannya, karena dari Sukabumi, mereka bisa langsung
ke
Keuntungannya bukan hanya itu
saja, jalur sepanjang 57 km ini juga merupakan jalur yang cukup indah dengan membelah
celah antara Gunung Salak dengan
Gunung Gede-Pangrango, bisa dibayangkan betapa berkelok-kelok dan naik turunnya
jalur ini. Tercatat kira-kira ada 4 jembatan panjang dalam rute ini.
Mengenai kereta yang akan
diopersiakan, PT KAI memilih
aman untuk hanya mengoperasikan K3 (Ekonomi) dan belum
berani mengambil resiko, karena mayoritas yang daerah yang dilewati jalur tersebut adalah daerah ekonomi rendah. Juga kota-kota
yang dihubungkannya umumnya
Untuk selanjutnya, Dephub juga akan
merevitalisasi jalur terusan Sukabumi-Cianjur, dan selanjutnya Cianjur-Bandung, agar dari
Yah, ini dia yang membuat
saya senang, pengen sih sekali-kali
nyoba jalur ini, mengingat saya berkali-kali lewat jalur Bogor-Sukabumi, tapi naik mobil, ga
naik kereta. Menurut berita di koran-koran, progress perbaikan jalur ini sudah lebih
dari 90%, artinya bisa saja jalur
ini dioperasikan sebelum 2009, yah kita berdoa saja!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar