April
2005 warga Jakarta dan Bandung dikejutkan (sebenarnya ga juga sih) oleh
rampungnya pembangunan jalan tol cipularang/purbaleunyi, pasalnya akibat
pembukaan tol ini, waktu tempuh jakarta-bandung makin singkat. dari yang
biasanya 3-5 jam, dengan adanya cipularang, waktu tempuh terpangkas menjadi 2
jam. hal ini membuta jarak 2 kota besar ini semakin "dekat" saja.
Pembukaan
cipularang berdampak langsung bagi semua. kota bandung di akhir pekan menjadi
ramai oleh para orang2 jakarta yang hendak wisata belanja, jalur puncak menjadi
sepi dan omset para pedagang di sekitar jadi menurun (tapi itu dulu siih..),
menjamurnya bisnis travel/shuttle service, dan yang paling parah, menurunnya
jumlah penumpang kereta api koridor bandung-jakarta atau sebaliknya sebesar 70%.
Sebagai
penggemar kereta api, gw merasa sedikit prihatin dengan apa yang di alami PT KA
daops 2 bandung, sampai2 untuk kembali menaikkan pamor kereta api, tiket argo
gede dari yang tadinya 75rb, sempat turun ke 60rb, dan pada akhirnya, baru2 ini
menjadi 45rb (jadi lebih sering naik kereta deh, haha..).
Memang,
kereta api punya kekurangan,
diantaranya
waktu tempuh yang paling lama dibanding moda lain jakarta-bandung (bus, travel,
pribadi). kalau yang lain kira2 membutuhkan waktu 2 jam, dengan KA bisa 3 jam,
itu juga kalo on time. kelemahan kedua, harga tiket KA yang mahal (waktu itu)
dibanding pesaingnya (sekarang sih udah murah..). ketiga, jauhnya spot untuk
menjangkau KA dari rumah. kalo di jakarta, ada 2 stasiun tempat KA
jakarta-bandung menaikkan penumpang, yaitu Gambir dan Jatinegara, tapi keduanya
berdekatan dan agak ke pusat kota.
Tapi,
ada juga kelebihan KA jakarta-bandung.
pertama,
naik kereta itu nyaman loh.., bangkunya bisa disandarkan ke posisi semi
terlentang, ada penopang kaki pula, dan jarak antar bangku depan dan
belakangnya luas..udah gitu ga terlalu banyak goncangan dibanding lewat
cipularang yang jalannya bergelombang2. Kedua, scenery yang indah. Jalur KA
jakarta-bandung adalah salah satu jalur KA dengan scenery yang indah di Indonesia.
setidaknya ada 3 jembatan hebat dan 1 terowongan panjang yang dilewati KA
jakarta-bandung. 3 jembatan itu hebat karena panjang dan mempunyai dasar jurang
yang cukup dalam, salah satunya jembatan cisomang (jenis arch bridge/jembatan
lengkung) yang jarak permukaan jembatan ke dasar jurang sampai 100m. kemudian
terowongan yang dilewati yaitu terowongan sasaksaat yang panjangnya 942 m.
ck..ck..ck
so,
dari foto2 yg gw upload, tertarik naik kereta jakarta-bandung?
foto2
diatas bukan hasil karya gw, coz gw ambil dari internet.. biar ga disangka
plagiat, hehe..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar